Gerakan Pengendalian Hama Tikus di Kecamatan Sukau


Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Tikus pada tanggal 18 Oktober 2018 di Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Sukau yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat, Agustanto Basmar, S.P., M.Si. dan staf serta jajaran penyuluh pertanian BPP Kecamatan Sukau yang dihadiri oleh 56 orang anggota kelompok tani.

Peserta gerakan berasal dari 4 kelompok tani di Kecamatan Sukau yaitu : 1. Ganda Suli, luas serangan 20 ha,  2. Sertani, luas serangan 20 ha, 3. Tunas Setiwang, luas serangan 20 ha, 4. Gemilang, luas serangan 20 ha

Sarana yang dibantukan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Barat ke kelompok tani berupa racun tikus jenis umpan (petrokum) sebanyak 4 boks (80 kg). Teknis pengendalian dengan pemberian umpan pada sarang tikus yang diduga masih dihuni oleh tikus. Tempat-tempat lain yang diperkirakan sebagai sarang tikus seperti saluran pengairan, pinggir-pinggir sungai, tempat-tempat penampungan padi saat panen (lumbung-lumbung pangan di sekitar hamparan sawah).

Bapak Agustanto Basma, S.P., M.Si. juga menghimbau kepada petani agar sebaiknya sebelum pengolahan tanah dilakukan pengendalian hama tikus (gropyokan) secara serentak. Hal ini sebagai antisipasi mencegah perkembangan tikus yang begitu cepat, karena sepasang tikus dalam 28 hari akan berkembang biak menjadi 8 sampai 16 ekor.

 

(Davison/Oki/TPH)

Tags: