Pemda Lampung Barat Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan


Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memperingati hari pahlawan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 10/11/2018,  di lapangan kantor Bupati Lampung Barat.  Upacara tersebut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Liwa  M. Mansyur Madjid, SH., M.H selaku Inspektur Upacara, Asisten Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, TNI, Polisi, tim penggerak PKK Lampung Barat dan peserta Upacara.

Dalam amanat yang disampaikan oleh bapak M. Mansyur Madjid, SH., M.H, bahwa setiap  tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang pristiwa pertunjukan  Surabaya pada 73  tahun yang silam, yang merupakan peran  fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan.

Selanjutnya, pada 10 November bangsa Indonesia akan tertuju pada semangat pantang menyerah dan pengorbana tampa pamrih para pahlawan, dan para suhada bangsa yang telah gugur mendahului kita, mereka telah mewariskan negara kesatuan republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Berikutnya,  memperingati hari pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, dan  mempertebal rasa cinta tanah air. Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus memiliki makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan, harus dapat menggali dan menimbulkan semangat baru dalam inplementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tema hari pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Didadaku” mengandung makna sosial peteran dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karena itu siapapun dapat menjadi pahlawan setiap warga negara Indonesia tampa keterkecuali dapat berinisaitif mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

Harapan bahwa, utntuk kiranya setip rangkayan kegiatan pernyataan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewariskan nilai perjuangan dan patriotisme bagi bangsa indonesia.

(Rian Ariska/ Nunun Gempita/KOMINFO)

Tags: